Langsung ke konten utama

Bentuk Pasar

PENGERTIAN PASAR DAN STRUKTUR PASAR
 Pengertian pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.Struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar

BENTUK-BENTUK STRUKTUR PASAR

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas .

Cirri-ciri pasar sempurna:
ü  Jumlah penjual dan pembeli yang banyak
ü  Produk yang di perdagangkan sama atau bisa di bilang homogen.
ü  Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam proses pembentukan harga.
ü  Harga di tentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran
ü  Posisi tawar konsumen kuat
ü  Sensitif pada perubahan harga
ü  Sulit mendapatkan keuntungan lebih / diatas rata-rata

PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.

Pasar monopoli memiliki ciri-ciri:
ü  hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
ü  tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip
ü  produsen memiliki kekuatan menentukan harga
ü   tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan

Sebab-sebab terjadi nya pasar monopoli:
ü  penguasaan bahan mentah,
ü  penguasaan teknik produksi tertentu,
ü  pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),
ü  adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),
ü  adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
ü  memiliki modal yang besar (karena penggabungan perusahaan),
ü  memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,

Kebaikan pasar monopoli:
ü  Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
ü  Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
ü  Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.

Kelemahan pasar monopoli:
ü  Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
ü  Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
ü  Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
Untuk mencegah timbulnya dampak negatif adanya monopoli, maka pemerintah harus ikut campur tangan, misalnya dalam hal penetapan harga maksimum dan penetapan Undang- Undang Antimonopoli atau UU yang mengatur ekspor impor.

PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar

Oligopoli memiliki cirri-ciri:
ü  Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
ü  Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak
ü  Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar

Kebaikan pasar oligopoli antara lain sebagai berikut.
ü  Industri-industri oligopoly bisa mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat,
ü  Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi,
ü  Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.

Kelemahannya antara lain sebagai berikut.
ü  Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit) yang dinikmati produsen.
ü  Tidak efisiensi produksi karena setiap produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum.
ü  Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh.
ü  Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro.

 PASAR MONOPOLISTIK
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.

Ciri –ciri dari pasar monopolistik:
ü  Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
ü   Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
ü   Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
ü  Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
ü  Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

Kebaikan pasar monopolistik antara lain sebagai berikut.
ü  Konsumen memiliki banyak pilihan barang.
ü  Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar karena tidak ada persaingan.
ü  Masing-masing monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendirisendiri.

Sementara itu, kelemahannya antara lain sebagai berikut.
ü  Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
ü  Terlalu banyak perusahaan kecil.
ü  Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut

 SUMBER :
http://jimmyprianto.blogspot.co.id/


Pasar Duopoli
Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. 
Contoh: Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.

Pasar Monopsoni
Bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini
pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.
Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat
kereta api.

Sumber :
https://komputerstudy.wordpress.com

keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli
tunggal atas barang dan/ atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan
banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Ciri-ciri pasar oligopsoni sebagai berikut:
- Terdapat sebagai pembeli.
- Pembeli bukan konsumen, tetapi pedagang.
- Barang yang dijual merupakan bahan mentah.
- Harga cenderung stabil.
Kebaikan pasar oligopsoni sebagai berikut:
- Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain.
- Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual.
Kelemahan pasar oligopsoni sebagai berikut:
- Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli saling bekerja sama.
- Kualitas barang kurang terpelihara.

SUMBER :
http://www.temukanpengertian.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat daftar persediaan barang dagangan pada MYOB

Pertama yang harus ada adalah data tentang barang dagang yang akan dijual. Barang dagang harus dibuat menurut kode-kode supaya lebih terkelompok, selain itu kode-kode barang digunakan sebagai kunci untuk mengelompokkan barang tersebut. Penamaan kode barang terserah menurut anda sendiri, tetapi tentu yang mudah dipahami, misalnya kode  P01  untuk barang  “Kulkas” ,  p02  untuk  “AC” ,  p03  untuk “Televisi” , dan lain-lain. Selain itu dalam barang ada harga jual dan harga beli. Harga jual tentunya lebih besar dari harga beli.Berikut contoh untuk persediaan barang dagang. Data barang untuk harga jual Item Number P01 P02 P03 Name TV 21” TV24” TV 29” Satuan Unit Unit Unit Pers. Minimum 3 3 3 Harga Jual 900.000 1.200.000 2.000.000 Data barang untuk harga beli Item Number P01 P02 P03 Name TV 21” TV 24” TV 29” Quantity/Counted 20 25 30 Harga Beli 700.000 1.000.000 1.600.000 Langkah untuk input  persediaan barang dagang untuk Harga Jual  adalah sebagai berikut : P

Metode ilmiah ; Pengaruh cahaya terhadap tumbuhan tomat

PENGARUH CAHAYA TERHADAP TUMBUHAN TOMAT KATA PENGANTAR Berkat rahmat Allah SWT. Penyusunan Metode Ilmiah mengenai ‘Pengaruh Cahaya Terhadap Tomat ’ dapat diselesaikan dengan baik. Makalah ini merupakan hasil yang diperoleh oleh pelajar dalam mengikuti pembelajaran Ilmu pengetahuan dan lingkungan hidup dan dapat juga dijadikan panduan dalam mengikuti pembelajaran Ilmu pengetahuan . Penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan masukan sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Ucapan terimakasih diucapkan penyusun kepada para teman - teman kelompok yang telah memberikan kontribusi demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami dalam mengikuti pembelajaran Ilmu pengetahuan dan lingkungan hidup . Tulang Bawang,     Nopember 2013 Penulis DAFTAR ISI Judul .............................................................................................................

Tigkerbell and the secret of the wings

Sumber:  https://www.youtube.com/watch?v=jadCDQzfeo8 Ya, pemeran utamanya adalah Tinker Bell, panggilan akrabnya Tink. Tink merupakan peri mungil yang ditakdirkan tidak memiliki bakat alam. Bakat alam yang dimaksud di sini memang rada nyleneh, namanya juga fiktif. Peri dengan bakat alam adalah peri yang bisa membantu penyerbukan bunga, membantu binatang-binatang dan serangga belajar memulai kehidupan, membuat pelangi, berperan dalam perubahan musim, pokoknya dia punya peranan penting di keseimbangan ekosistem. Diceritakan di episode  Tinker Bell and Lost Treasure , ketika Tink menjalani seleksi bakat peri, ternyata ia dinyatakan “bukan peri bakat alam”. Lanjutan ceritanya? Baca postinganku yang membahas lebih detil tentang Tinker Bell and Lost Treasure aja yah, hehehe. Di episode kali ini Tink tidak lagi mengeluhkan bakatnya yang sekedar menjadi peri tinker. Peri tinker itu apa? Baca postingan terdahulu ya. Yang jelas, Tink telah menikmati hari-harinya menjadi peri kre